MENDORONG KARYAWAN PUNYA "HATI" DENGAN PERMATAHATI
Jakarta, 11/7 - Beberapa minggu belakangan ini staf dan pimpinan di bagian corporate affair Bank Permata terlihat lebih sibuk dari biasanya karena mereka punya "gawe" untuk menyiapkan acara kampanye "Unite for Education" yang digelar Minggu (10/7) kemarin.
Kampanye "Unite for Education" merupakan salah satu program CSR (Corporate Social Responsibility atau Tanggungjawab Sosial Perusahaan) yang dimiliki Bank Permata yang dinamakan Permatahati.
Berbeda dengan program CSR perusahaan lain, program Permatahati merupakan program CSR yang dilakukan oleh setiap individu di Bank Permata mulai dari karyawan terendah sampai pimpinan tertinggi dan komisaris perusahaan.
"Permata Employee Voluntary" demikian konsep CSR di Bank Permata, seperti dikatakan Executive Vice President Head Corporate Affair Bank Permata Leila Djafaar pekan lalu.
Dengan konsep ini, semua karyawan Bank Permata dari atas sampai bawah yang mencapai 5.500 orang wajib melakukan kerja sosial pribadi yang dikaitkan dengan program Permatahati yang memfokuskan pada dunia pendidikan.
Kerja sosial pribadi di bidang pendidikan ini dibagi menjadi tiga bagian yaitu pembangunan sumber daya manusia, peningkatan fasilitas dan penguatan komunitas.
Untuk pembangunan sumber daya manusia dibagi lagi menjadi tiga kerja yaitu pendidikan perbankan untuk siswa, pelatihan guru dan mengajar kelas umum. Sementara untuk peningkatan fasilitas dilakukan dengan pembangunan perpustakaan sekolah, fasilitas olahraga dan umum sekolah lainnya. Sedangkan untuk penguatan komunitas dilakukan dengan pembangunan koperasi sekolah dan pelatihan wirausaha.
Di luar ketiga bidang kerja sosial itu, ada juga menu lain seperti donor darah.
"Dengan tiga kategori kerja sosial pendidikan yang kita tetapkan, karyawan bisa memilih sesuai kemampuannya dan mereka kita beri cuti satu hari khusus dalam setahun untuk melakukan kerja sosial itu," kata Leila.
Setiap kerja sosial yang dilakukan oleh karyawan akan dicatat melalui buku kecil seperti pasport dan mendapatkan nilai sesuai kerja sosial yang dilakukan karyawan itu, mulai nilai satu untuk kerja yang ringan sampai empat untuk yang sulit.
Setiap poin yang dikumpulkan akan mendapatkan stiker untuk ditempel di buku kecil tersebut dan setiap 10 stiker yang dikumpulkan akan menghasilkan satu beasiswa pendidikan bagi seorang anak tidak mampu.
"Sejak diluncurkan Oktober 2010, sampai Juni ini sudah terkumpul 5.000 poin yang artinya perusahaan harus mengeluarkan beasiswa pendidikan bagi 500 anak mulai tahun ajaran ini," katanya.
Menurut Leila, konsep CSR seperti ini lebih mendorong karyawan untuk ikut serta melakukan kegiatan sosial yang kongkrit terutama di bidang pendidikan, sehingga karyawan bisa melihat dan merasakan sendiri bahwa kerja sosialnya benar-benar bermanfaat sangat besar bagi anak-anak yang membutuhkan.
"Kalau perusahaan cuma beri beasiswa pendidikan ke anak-anak itu sangat mudah sekali, tetapi kami ingin karyawan juga tergerak langsung melakukan kegiatan sosial ini sekaligus untuk menumbuhkan jiwa sosial mereka," katanya.
Manfaat menumbuhkan jiwa sosial dalam program Permatahati yang melibatkan karyawan ini benar-benar dirasakan karyawan seperti yang disampaikan staf corporate affairs Alfianto Domy Aji yang sejak awal tahun ini sering melakukan kerja sosial bersama sejumlah teman sejawatnya.
Pada Februari lalu, bersama sejumlah karyawan Bank Permata lainnya, Domy memperbaiki bangunan SDN I Pundong-Bantul Yogya yang terkena gempa beberapa tahun yang lalu, dan Maret lalu melakukan bersih-bersih dan penyiapan ruang kelas baru di SDN 01 Sukalaksana-Pengalengan Jabar.
"Ikutan kerja sosial semacam ini menarik karena selain melatih kepekaan dan kepedulian terhadap saudara-saudara kita yang kurang beruntung sekaligus juga membuat warna kehidupan dari rutinitas kerja sehari-hari," katanya.
Warna lain kehidupan yang dirasakannya, antara lain saat bersama teman-teman di Corporate Affairs Bank Permata bernyanyi bersama-sama diiringi gitar akustik dengan para murid SD Sukalaksana-Pengalengan.
"Rasanya seperti mengadakan konser 'akbar' karena halaman sekolah dipenuhi para murid yang antusias bernyanyi dan sangat atraktif", ujar Domy, yang saat ini telah mengumpulkan lebih dari 20 poin atau telah menghasilkan dua beasiswa bagi dua anak yang tidak mampu.
Semangat kerja sosial ini, bahkan saat ini telah menjadi tren di kalangan karyawan Bank Permata untuk berlomba-lomba mengikuti kegiatan CSR mengingat aktifitas ini juga telah masuk dalam poin kinerja karyawan. "Enggak ikut CSR enggak gaul. Itu semboyan yang beredar di kalangan karyawan Bank Permata saat ini," katanya.
Kewajiban perusahaan untuk melakukan program CSR di Bank Permata tampaknya telah berhasil ditranformasi bukan saja milik perusahaan tetapi juga kewajiban bagi setiap karyawan agar selalu memiliki "hati" untuk membantu sesama.
***
Tidak ada komentar:
Posting Komentar